Hore! Google Bantu UKM Jadi Bisnis Online

11 Jan
Keterangan
Logo Google.com (ist/doc)
108CSR.com – Untuk memajukan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Google Southeast Asia meluncurkan program Bisnis Lokal Go Online sebagai wadah bagi UKM untuk menggunakan media online sebagai bagian dari bisnis.

Managing Director Google Southeast Asia Julian Persaud mengatakan pertumbuhan UKM di Indonesia sangat berpotensi, dan Bisnis Lokal Go Online diharapkannya akan memberikan manfaat ekonomi secara nyata bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Statistik menunjukkan 17 juta UKM di Indonesia dan hanya 75 ribu yang telah memliki website, sebagian besar UKM tersebut belum online dikarenakan mereka umumnya menganggap hal itu masih mahal, rumit, atau hanya karena alasan tidak ada waktu melakukannya,” ungkap Julian dalam acara peluncuran Bisnis Lokal Go Online, di Hotel Le Meridien, Jakarta, Rabu (11/1/2012).

Lebih lanjut, dia mengatakan tujuan utama Bisnis Go Online ini adalah untuk membuat website dan mendorong mereka aktif secara online dalam waktu satu tahun ke depan. Adapun 100 ribu UKM pertama yang mendaftar dapat memiliki website, domain, dan hosting gratis selama satu tahun. Pada tahun berikutnya UKM tersebut akan mendapatkan potongan harga dan mereka hanya dikenakan biaya USD12 per tahunnya.

“Melalui Bisnis Lokal Go Online, UKM di Indonesia yang belum online sama sekali dalam kurang dari satu hari kerja sampai website mereka beroperasi, tanpa ada ikatan apapun,” tambahnya.

Dalam kerja sama ini, Google bekerja sama dengan Kementerian Koordinasi Perekonomian, Kadin, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Bakrie Connectivity, Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika, dan Ilmu Komputer (APTIKOM), Melsa serta Multuply.com.

Untuk membuat sebuah situs, UKM cukup mengunjungi situs resmi Bisnis Lokal Go Online, yaitu http://www.bisnislokalgoonline.co.id dan memasukkan informasi usaha mereka seperti nomor izin usaha, nomor telepon kantor, dan informasi lainnya seperti alamat dan jam kerja.

“Salah satu pemilik UKM yang telah berhasil menggunakan internet untuk mempromosikan produknya adalah Natural House Homedeco milik Andre Surywan dengan menjual kerajinan miliknya secara online, situs yang dimilikinya beroperasi 24 jan dan siap menerima pesanan dari pembeli setiap saat,” pungkasnya. (jek)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: