CSR XL Gandeng Pasar Kampus

14 Jan
 

Keterangan
Ilustrasi kegiatan CSR XL. (ist/doc)
108CSR.com – PT XL Axiata Tbk bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) YKPN dan ini sebagai bentuk penetrasi pasar dimana mahasiswa dan keluarganya merupakan target market operator telekomunikasi ini.

General Manager Youth Segment Community Enterprise and Carrier XL Deddy Fahmi Priautama mengatakan, kerja sama dengan STIE YKPN berbentuk pendidikan dan sebagai bagian program corporate social responsibility (CSR).

“Kami memfasilitasi pendidikan, yakni memberikan solusi pada dunia pendidikan dengan fasilitas SMS broadcast,” kata Deddy, usai MOU kerja sama STIE YKPN dengan PT XL Axiata di Gedung Rektorat, Sabtu (14/1/2012).

Deddy meneruskan, fasilitas ini khusus digunakan bagi civitas akademika STIE YKPN. Operator XL memberikan fasilitas, seperti password. Sedangkan isi SMS diserahkan pada pihak kampus. Ke depan, XL akan menjalin kerja sama berbentuk beasiswa dan magang kerja.

Deddy mengingatkan, fasilitas tersebut hanya bisa digunakan bagi pengguna nomor XL. Operator XL juga mengedukasi mahasiswa menggunakan nomor XL dan bukan sekedar SMS broadcast. Tetapi keuntungan lain. Misal, memberikan tarif khusus bagi anggota komunitas, dalam hal tersebut civitas akademika YKPN.

Ketua STIE YKPN Dr Dody Hasporo MSPA MBA Ak mengatakan, STIE YKPN bekerja sama dengan XL. Dia mengakui, cukup sulit membuat mahasiswa mengganti kartu SIM yang dimiliki. Karenanya, dibutuhkan sosialisasi pada mahasiswa.

Selain bekerjasama dengan STIE YKPN, PT XL Axiata juga bekerja sama dengan universitas terbuka (UT). Saat mengawali kerja sama dengan STIE YKPN, XL menyediakan untuk 2 ribu member. Sedangkan dengan UT di seluruh DIJ, XL menyediakan 15 ribu nomor untuk mahasiswa.

Youth Segmen Manager XL Jateng DIJ Yudith Sabrina mengatakan, ada 15 ribu mahasiswa UT di DIJ yang wajib menggunakan kartu XL untuk layanan SMS broadcast dari kampus.

“Berbeda dengan STIE YKPN, di mana nomor kartu disesuaikan nomor mahasiswa. Khusus UT, kami menyediakan nomor dari angka satu hingga 15 ribu,” katanya.

Yudith meneruskan, mahasiswa UT wajib menggunakan kartu XL karena melalui kartu itu mahasiswa bisa memperoleh informasi resmi dari kampus yang akan dikirim melalui SMS ke nomor ponsel mahasiswa UT. Selain SMS broadcast, XL juga menyediakan absensi karyawan UT dan aplikasi presensi menggunakan barcode.

Kerja sama dengan UT di DIJ akan menjadi model kerja sama selanjutnya dengan UT di seluruh Indonesia. Bulan ini, XL diundang UT di Jakarta untuk bekerja sama secara nasional.

“Banyak benefit yang bisa didapatkan mahasiswa lewat kerjasama ini. Mahasiswa bisa memperoleh telepon dan SMS gratis ke sesama komunitas,”kata Yudith.

Sebelumnya, tanggal 11 Januari 2012, XL menandatangani MoU dengan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta. XL memberikan beasiswa dan free Wi Fi di empat tempat dengan BWA.

“Kami juga memasang Mobile BTS untuk memperkuat sinyal di lingkungan kampus UNS,” katanya.(jek/inl)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: