Program CSR Harus Produktif dan Bermanfaat

14 Jan
 

Keterangan
Ilustrasi kegiatan CSR. (ist/doc)
108CSR.com – Pengembangan PT Semen Padang (PTSP) dengan membangun pabrik Indarung VI, memanfaatkan lahan 412 hektar di Indarung Padang, bakal berdampak bagi peningkatan perekonomian masyarakat sekitar.

Pengamat ekonomi Unand, Prof Firwan Tan menyebutkan, ekspansi PT Semen Padang itu, bakal dibarengi peningkatan lapangan kerja bagi masyarakat Sumbar, serta bertambahnya pendapatan asli daerah (PAD) daerah sehingga pembangunan ekonomi masyarak at bisa tumbuh optimal.

Salah satu kontribusi PTSP yang perlu ditingkatkan dan dilakukan secara produktif adalah program Corporate Social Responsibility (CSR). Agar lebih berperan besar terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pemerintah daerah bersama PTSP harus menegosiasikan pola-pola yang tepat dan bermuara pada penciptaan kesejahteraan masyarakat. Hal itu diharapkan menjadi pemikiran pemangku kepentingan ke depan.

“Setiap investasi yang masuk ke Sumbar, harus memberikan dampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat. Begitu juga dengan PT Semen Padang, mereka tidak bisa hanya memikirkan keuntungan perusahaan, tetapi pikirkan juga kesejahteraan masyarakat,” kata pengamat ekonomi Unand, Prof Firwan Tan.

Firwan mengatakan bagi sebuah perusahaan, apalagi dengan status Badan Usaha Milik Negara (BUMN), memperhatikan kesejahteraan masyarakat sekitar menjadi kewajiban. “Bukan bentuk sosial saja, tetapi kewajiban mereka. Tinggal bagaimana pemerintah mengambil peran dengan memfasilitasinya,” sebutnya.

Program CSR mestinya dilakukan bersifat produktif. Artinya setelah si penerima bantuan menerima dana CSR, ekonominya berubah. Beberapa tahun kemudian mereka bisa menjadikan CSR untuk masyarakat lainnya.

Hal senada disampaikan Dekan Fakultas Ekonomi UNP Prof Yunia Wardi. Menurutnya, dana CSR PT Semen Padang jika dimanfaatkan dengan baik, bisa menumbuhkan usaha-usaha kreatif di masyarakat.

Dia mencontohkan salah satu perusahaan Starbuck Coffe, malah memberikan CSR ke masyarakat Aceh. “Yang mereka lakukan adalah memberi bantuan dana kepada masyarakat untuk membangun perkebunan kopi,” jelasnya. (jek/upe)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: