CSR PT Semen Tonasa Berikan Pelatihan Pelaku Usaha Kecil

21 Mar
 

Keterangan
ilustrasi PT Semen Tonasa (bbc)
108CSR.com – Melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR), PT Semen Tonasa bekerjasama dengan Lentera Manajemen melakukan pelatihan bagi pelaku usaha kecil (paga’de-ga’de) di Balai Diklat Kantor Pusat PT Semen Tonasa, Desa Biringere, Bungoro, Pangkep, belum lama ini.

Kepala Biro Departemen CSR dan Umum PT Semen Tonasa, Ferry menuturkan, kegiatan pelatihan paga’de-ga’de ini diikuti 30 lebih pelaku usaha kecil yang berada di kabupaten Pangkep.

Peserta dibimbing dan diberikan pemahaman tentang dunia kewirausahaan dan strategi dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin menjamur.
” Kegiatan ini bentuk kepedulian kami meningkatkan taraf perekonomian masyarakat yang berada di kabupaten Pangkep dan sekitarnya. Lewat pelatihan-pelatihan dari program CSR ini, kita akan menggenjot pelaku usaha dalam mengelola usahanya dengan baik. Jika, usaha membaik, otomatis kesejahteraan akan meningkat dan menjadi pengusaha sukses, ” katanya.

Direktur Eksekutif Lantera Manajemen, Ahyar menambahkan, keberadaan paga’de-ga’de dalam tata ekonomi merupakan rantai terakhir yang paling dekat dengan masyarakat dan keberadaannya sangat vital bagi kelangsungan ekonomi negara.
Untuk itu, pihaknya bersama Semen Tonasa melakukan pelatihan tersebut. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari ini, dimaksudkan untuk memberikan pemahaman berwirausaha. Sebab, selama ini mereka hanya belajar secara otodidak.

“Pelatihan ini juga untuk menghadapi persaingan usaha yang terus menjamur di Pangkep, apalagi mini market dan swalayan, ” ujarnya. Setidaknya, lanjut Ahyar, melalui pelatihan ini, peserta bisa tahu cara mempertahankan dan menyiapkan strategis dalam pertahankan usahanya.

Sementara itu, perwakilan dari Mitra Bhadra Consulting (MBC), Norman menjelaskan, dalam berwirausaha, para pelaku harus memiliki manajemen keuangan yang sehat. Dalam artian, pelaku harus membedakan keuangan rumah tangga dengan keuangan usaha.

Sebelumnya, Departemen CSR dan Umum Semen Tonasa juga melaksanakan pelatihan kelapa jadi kopra putih yang berlangsung di Santika Hotel Makassar, Senin (19/3) malam.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 30 peserta yang merupakan warga Kepulauan Liukang Kalmas, Pangkep. Pelatihan ini untuk memperkenalkan teknik pengolahan kelapa jadi kopra kepada masyarakat Kepulauan Liukang Kalmas.

Pasalnya, saat ini industri kelapa kopra paling menguntungkan. Dimana, harga jual kopra stabil pada kisaran harga Rp. 9.000 hingga Rp. 9.700 per kilogram (Kg). Bahkan, pembuatannya pun sangat sederhana dan hanya mengandalkan pemanasan semata.

Ketua tim instruktur pelatihan, Dr Untung Budi mengemukakan, jenis kopra yang paling diminati adalah jenis kopra putih. Kopra putih merupakan istilah untuk kelapa segar yang belum di proses atau murni kelapa hasil pencungkilan.
Kepala Departemen Umum dan CSR PT Semen Tonasa, Ilyas Timu mengatakan, pelatihan yang digelar mulai tanggal 19 hingga 21 Maret ini, dilaksanakan guna menindaklanjuti aspirasi sejumlah kepala desa (Kades) Kepualuan Liukang Kalmas.

“Pelatihan ini wujud konstribusi PT Semen Tonasa sebagai upaya memaksimalkan potensi SDA dan SDM Pangkep. Pelatihan ini juga merupakan bagian awal rangkaian pelatihan kewirausahaan yang akan terus dilaksanakan PT Semen Tonasa di berbagai daerah dalam dan luar Kabupaten Pangkep,” katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Pangkep, Syamsuddin A Hamid saat membuka pelatihan, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Semen Tonasa melalui CSR.

” Pelatihan ini baru pertama kali diikuti oleh warga kepulauan Liukang Kalmas. Saya yakin, banyak manfaat yang akan didapat termasuk bagi peserta yang akan melanjutkan pengolahan kelapa jadi kopra putih ini ke usaha kecil menengah, ” tegasnya. (ard/upeks)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: