CSR PT BA Komitmen Sejahterakan Masyarakat

19 Apr
 

Keterangan
Ilustrasi. (ist/doc)
108CSR.com – PT Bukit Asam (BA) berkomitmen untuk menyejahterakan masyarakat di sekitarnya melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).
Menurut Komisaris Utama PT BA, Patrialis Akbar yang juga mantan menteri hukum dan HAM, PT BA akan mengembangkan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, layaknya Tanjugn Enim di Sumatera Selatan, di mana PT BA juga beroperasi di sana.
“Di sana, sejumlah program CSR telah berhasil meningkatkan taraf ekonomi dan sosial masyarakat,” katanya saat berkunjung ke Riau, Kamis (19/4/2012).
Dalam upaya peningkatan kesejahteraan rakyah ini, kata Patrialis, pihaknya juga sudah membawa beberapa perwakilan PT BA Peranap ke Tanjung Enim Sumatra Selatan.
Daerah itu, menurut dia, telah berkembang dan masyarakatnya makin makmur dengan keberadaan PT BA yang senantiasa menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar melalui program-program sosial. “Di sini (Pranap, red.) kami juga bertekad menerapkan hal yang sama,” katanya.
Tindakan nyata perusahaan yang beroperasi di daerah dalam mengembangkan masyarakat, menurut dia, adalah sebuah keniscayaan.
Untuk itu, dia mengimbau agar semua perusahaan yang ada di Riau, khususnya di kawasan Kabupaten Indragiri Hulu, agar melaksanakan hal serupa.
Kewajiban sosial ini harus demi sinergitas perusahaan dan masyarakat sehingga juga akan mampu meminimalkan potensi konflik akibat kesenjangan sosial yang menurut dia selama ini masih “membayangi” negeri ini.
“Mulai sekarang tidak ada perusahaan di daerah yang tidak melakukan pembinaan dan mengembangkan perekonomian masyarakat. Itu adalah hak yang mesti dibayarkan,” katanya.
Ungkapan Patrialis Akbar langsung ditanggapi oleh Camat Peranap Ardiansyah Eka Putra yang menyambungkan bahwa pengembangan sektor ekonomi dan sosial merupakan hal terpenting.
Menurut dia, hal itu juga mesti diperhatikan secara saksama dan bersama, termasuk juga PT BA yang diharapkan mampu meningkatkan sumber daya manusia di sekitar.
“Peningkatan sumber daya manusia itu nantinya juga akan membuka beluang terciptanya lapangan pekerjaan, menstimulasi sektor bisnis daerah dan mengalirkan bantuan modal,” katanya.
Selain pembangunan fisik, menurut dia, pengembangan sumber daya manusia merupakan hal yang sangat penting.
“Kami di sini berharap dengan adanya PT BA, taraf ekonomi dan sosial masyarakat dapat ditingkatkan,” katanya.(jek/ant)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: