Polda Jatim Bagikan 600 Sepeda

18 May

108CSR.com – Polda Jatim membagikan 600 sepeda gunung untuk kegiatan patroli para anggotanya di kawasan perkampungan yang sulit terjangkau kendaraan bermotor. Kegiatan bersepeda gunung yang dinamai Patroli Dialogis itu diharapkan bisa lebih mendekatkan para personel polisi kepada masyarakat di wilayah tugasnya masing-masing.

Ratusan sepeda gunung itu merupakan hibah dari PT Maspion dan Polygon. “Patroli bersepeda bakal lebih efektif karena di Surabaya masih banyak kawasan yang belum bisa dijangkau kendaraan bermotor,” ujarnya di halaman Mapolda Jatim di Surabaya, Kamis (17/5/2012).

Pengerahan armada sepeda itu juga diharapkan bisa menekan biaya operasional. Sebab, selama ini, meski personel, sistem dan peraturannya sudah siap, tapi ternyata jumlah kendaraan dan peralatan yang dimiliki polisi masih terbatas.

Sepeda bantuan pihak luar itu akan dicatat sebagai inventaris negara oleh Polda Jatim. Setiap sepeda akan diberi nomor urut seperti Ditsabhara, Ditlantas dan sebagainya, untuk mempermudah melakukan kontrol.

Kapolda juga berencana melakukan evaluasi terhadap para penerima sepeda gunung yang sudah dilabeli logo dan tulisan polisi di bagian rangkanya itu. Proses evaluasi dijanjikan akan dilakukan setiap tiga bulan sekali.

Selain harus bertanggung jawab atas tindak kriminal yang terjadi di wilayahnya, masing-masing anggota Patroli Dialogis itu juga dituntut untuk lebih banyak mendekatkan diri kepada masyarakat. Pihaknya juga meminta Direktur Sabhara Polda Jatim untuk mendata seberapa banyak jumlah kawan yang berhasil didekati tiap personel polisi itu setiap minggunya.

Sementara itu, Presiden Direktur Maspion Group, Alim Markus, menyatakan bangga dapat membantu Polda Jatim untuk mengamankan wilayahnya. Dia mengatakan, dana pengadaan sepeda yang diberikan perusahaannya itu diambilkan dari anggaran program corporate social responsibility (CSR).(jek/smc)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: