CSR PLN Gelar Pasar Murah Serentak

2 Aug
 

Keterangan
Ilustrasi. (ist/doc)
108CSR.com – PT PLN (Persero) kembali menggelar pasar sembilan bahan pokok (sembako) murah secara serentak di tiga lokasi di DKI Jakarta. Rangkaian kegiatan program BUMN Peduli tersebut menyediakan 10.000 paket sembako yang dijual murah kepada masyarakat.

Kegiatan pasar murah sembako serupa sebelumnya telah digelar PLN untuk meringankan masyarakat akibat kenaikan harga bahan kebutuhan pokok sebagai dampak dari rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada beberapa waktu lalu.

Manajer Senior Corparate Sosial Responsibility (CSR) PLN Siswanto Hadiatmo mengatakan, sembako tersebut dijual di tiga tempat di Jakarta, yakni Kelurahan Grogol Selatan dan Kelurahan Kebayoran Lama Selatan masing-masing sebanyak 3.500 paket dan Rukun Warga 02 Muara Baru sebanyak 3.000 paket sembako.

“Dalam paket sembako murah itu kami sediakan beras sebanyak 9 kilogram, 1 liter minyak goreng, dan 1 kilogram gula pasir,” kata Siswanto yang dilansir Kamis (2/8/2012).

Menurut dia, dari total 10.000 paket, PLN menggelontorkan dana Rp 1 miliar yang berasal dari dana bina lingkungan perusahaan. Siswanto juga mengatakan, penyelenggaraan pasar murah BUMN Peduli merupakan penugasan Kementerian BUMN kepada BUMN, termasuk PLN, dalam rangka membantu masyarakat marginal.

“PLN ikut membantu penyelanggaraan pasar murah di Jakarta yang dikoordinasi oleh Sucofindo. Nanti pada Agustus, PLN jadi koordinator pasar murah di wilayah Maluku dan Maluku Utara” kata Siswanto.

Sebelumnya, Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, sepanjang tahun 2012 ini, Kementerian BUMN akan menggelar pasar murah di 33 provinsi se-Indonesia. Pelaksanaan pasar murah ini melibatkan sejumlah BUMN yang menjadi koordinator pelaksanaan di tiap-tiap provinsi.

Dalam rangka pasar murah sembako PLN tersebut, Yanti (41 tahun), warga RW 03 Kebayoran Lama, mengaku senang diadakannya pasar murah ini.

“Ya, senang sih, saya bisa membeli sembako hanya Rp 30.000 isinya beras 9 kilogram, 1 liter minyak goreng, dan 1 kilogram gula putih. Apalagi di bulan puasa ini, harga sembako pada naik. Terima kasih PLN, mudah-mudahan ke depannya bisa diadakan lagi pasar murah,” ucap Yanti.

Menurut Abdul Razak, Sekretaris Kelurahan Kebayoran Lama, pembagian kupon pasar murah dilakukan kepada warga berdasarkan data raskin sebelumnya. “Kami membagikan 3.500 kupon yang disediakan PLN merata ke warga tidak mampu yang tersebar di 12 RW. Teknisnya setiap RW diatur jam pengambilannya, sehingga antrean tidak terlalu panjang.

Warga kami ada 35.000 kepala keluarga, yang tidak mampu sekitar 40 persennya,” kata Abdul. Pasar murah yang diselenggarakan PLN ini merupakan salah satu bentuk program sosial dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). (jek/sky)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: