PGN Salurkan Dana CSR Rp173 Miliar

13 Aug
Keterangan
Ilustrasi. (ist/doc)
108CSR.com – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk semester I/2012 sudah menyalurkan dana corporate social responsibily (CSR) sekitar Rp173 miliar dari total dana  2012 sebesar Rp350 miliar.

External Communication Assistant Manager PT PGN Pusat Krisdyan Widagdo Adhi membenarkan program CSR PGN berjalan sesuai harapan dan berada pada jalur yang sudah tepat yakni bidang pendidikan dan kesehatan.

“Kami mengutakan penyalurkan CSR di sekitar lokasi PGN beroperasi. Karena di SBU (sentra bisnis unit) Jabar  lebih besar, tentu alokasi dana ke daerah itu jauh lebih besar. Kemudian menyusul Jawa Timur, dan Sumatra Bagian Utara,” ujarnya seperti yang dilansir Senin (13/8/2012).

Menurut dia, PGN sangat memedulikan lingkungan sekitar dimana perusahaan beroperasi. Masyarakat sekitar, paparnya, menjadi target binaan PGN secara terpusat. “Pengelolaan dana CSR memang masih terpusat. Daerah operasional PGN hanya mengusulkan program, sedangkan pemutus ada di PGN pusat,” tuturnya.

Dia mengakui, langkah tersebut bukan untuk membuat pegelolaan CSR secara sentralistik, namun lebih kepada pengaturan alokasi sesuai dengan kontribusi masing-masing SBU yang menjadi unit bisnis PGN.

SBU I PGN, tuturnya, berada di Jawa Barat yang memberikan kontribusi besar bagi pendapatan PGN. Kemudian, lanjutnya, SBU II berada di Jatim yang memberikan kontribusi nomor dua bagi pendapatan PGN. SBU ketiga, tambahnya, berada di Sumbagut (Sumut, Riau, dan Batam) yang memberikan kontribusi nomor tiga bagi pendapatan PGN. “Saya tidak hafal angka-angka kontribusi masing-masing SBU untuk total pendapatan PGN. Yang pasti SBU I Jabar masih yang terdepan,” tuturnya.

Ketika didesak apakah SBU III Sumbagut memberikan kontribusi negatif terhadap pendapatan PGN, sehingga gaung CSR PT PGN di Sumut tidak terdengar? Secara diplomatis Adhi mengatakan tidak harus demikian. “Itulah alasannya mengapa pengelolaan CSR PGN masih dilakukan terpusat agar masing-masing SBU mendapatkan alokasi sesuai dengan usulan dari daerah,” tandasnya. (jek/bsi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: